Sabtu, 04 Februari 2012

SEJARAH NEGARA ROMA ITALIA

SEJARAH NEGARA ROMA ITALIA


Diperkirakan bahwa daerah di kota Roma yang sebelumnyadihuni ini (Ager Vaticanus) selalu dianggap keramat, bahkan sebelum kedatangan agama Kristen. Pada tahun 326, gereja pertama dibangun di tempat yang diperkirakan sebagai makamSanto Petrus. Sejak itu, tempat ini semakin banyak dihuni.



Paus dalam peran sekuler mereka mulai memperluas pengaruh mereka pada daerah sekitar dan melalui negara-negara Pausmemerintah banyak daerah di semenanjung Italia selama lebihdari seribu tahun sampai pertengahan abad ke-18 ketika seluruh Italia dipersatukan. Pada saat itu negara-negara Paus disita oleh Kerajaan Italia yang baru didirikan.

Kemudian pada tahun 1870, gerakan penyatuan Italia, para pemimpin wilayah gereja ke dalam wilayah Italia [12] danmengurangi kekuatan Paus lagi ketika Roma dianeksasi. TapiGereja Katolik Roma tidak menerima hal ini dan timbullah konflikantara gereja dan kerajaan dari Italia, yang akhirnya diselesaikandengan perjanjian Lateran [12] (juga dikenal sebagai concordat) yang ditandatangani pada tanggal 11 Februari 1929 olehKardinal Gaspari yang mewakili Pius XI dan Benito Mussolini yang mewakili raja Victor Emmanuel III. [12] Isi utama perjanjian ini adalah pengakuan dari Vatikan Negara berdaulat dan merdeka di bawah pemerintahan Tahta Suci, status istimewabagi agama Katolik di Italia, dan ganti rugi terhadap Vatikan atas kerugian yang diderita ketika negara Italia ini didirikan.Perjanjian Lateran ini tetap diakui meskipun setelah Perang Dunia II berakhir dan sistem kerajaan Italia menjadi republik. [12]Pada tahun 1984, concordat disesuaikan lagi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar